Makalah Konsep Genetika


MAKALAH KONSEP GENETIKA
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Maternitas I





BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Konsep genetika merupaka faktor penyusun sifat dari manusia, yang diturunkan dari kedua orang tua, sehingga dia memiliki beberapa sifat dari orang tuanya. Perkembangan setiap individu dimulai dengan fertilisasi yaitu saat oosit sekunder yang mengandung ovom di buahi sperma. Sebelum sperma dpat memasuki oosit skunder, pertama–tama sperma harus menembus berlapis-lapis sel granulose yang melekat pada sisi luar oosid skunder yg disebut korona radiata.
Kemudian sperma juga harus menembus lapisan sesudah korona radiata yang berupa glikoprotein yaitu zona pelusida. Sperma dapat mnembus oosid skunder karena baik sperma maupun oosid skunder menghasilkan enzim dan senyawa tertentu sehingga terjadi aktifitas yang saling mendukung pada sperma pada bagian akrosom.
1.2  Tujuan
Mempelajari genetika
1.4 Rumusan Masalah

Genetika adalah ilmu tentang keturunan yang mempelajari berbagai problematika manusia seperti kesehatannya, cacat lahirnya jasmani maupun mental, wanita (ovum) dan menghasilkan suatu bentuk yng telah terbuahi (zigot pewarisan ciri-ciri dan kelainan bawaan, bahkan sampai merekayasanya. Kehidupan manusia berasal dari pertemuan sel sperma laki-laki dan sel telur).
Genetika dan awal kehidupan
Perkembangan setiap individu dimulai dengan fertilisasi yaitu saat oosit sekunder yang mengandung ovom di buahi sperma. Sebelum sperma dpat memasuki oosit skunder, pertama–tama sperma harus menembus berlapis-lapis sel granulose yang melekat pada sisi luar oosid skunder yg disebut korona radiata. Kemudian sperma juga harus menembus lapisan sesudah korona radiata yang berupa glikoprotein yaitu zona pelusida.sperma dapat mnembus oosid skunder karena baik sperma maupun oosid skunder menghasilkan enzim dan senyawa tertntu sehingga terjadi aktifitas yang saling mendukung pada sperma pada bagian akrosom mengeluarkan:
1.           Hialuronidase ,enzim yang dapat melarutkan senyawa hilarunoid yang terdapat pada lapisan kurona radiata.
2.           Akrosin ,protease yang dapat menghancurkan gliko protein pada zona pelusida
3.           Antifertilizin ,antigen terdapat oosid sekunder sehingga sperma dapat melekat pada oosid sekunder.
Selain sperma ,oosid skunder juga mngeluarkan fertilizin yang tersusun atas gliko protein yang berfungsi:
1.                Mengaktifkan sperma agar bergerak lebih cepat
2.                Menarik sperma secara kemostaksis positif
3.                Mengumpulkan sperma di sekeliling oosid skunder
Pada saat sperma menembus oosid sekunder sel-sel granulosid di bagian kortex oosid skunder mengeluarkan senyawa tertentu yng mnyebabkan zona pelusida yng tidak dapat di tembus sperma yng lainnya.
Segera setelah sperma memasuki nukleus pada kepala sperma akan membesar. Sebaliknay ekor sperma akan berdegenerasi. Kemudian inti sperma yng mengandung 23 kromosom dengan ovum yng mengandung 23 kromosom akan menyatu menjadi zigot dengan 23 pasang kromosom atau 46 kromosom.
Sebagai hasil konsepsi, zigor selanjutnya akan di tanam pada endometrium uterus. Dalam perjalanannya ke uterus zigot membelah secara berkali-kali. Hasil pembelahan tersebut merupakan sekelompok sel yang sama besarnya dengan bentuk seperti arbey yng disebut tahap morulla. Morullla akan terus membelah sampai memmbentuk blastosid. Tahap ini disebut blastula dengan rongga di dalamnya yng di sebut blastocoil. Sel-sel dalam blastosid akan berkembang menjadi bakal embrio atau embrio blaz. Pada embrio blas terdapat jaringan dasar yang terdiri dari lapisan luar (ektoderm) dan lapisan dalam (endoderm). Permukaan echtoderm melengkuk ke dalam sehingga memmbentuk lapisan tengah (mesoderm). Selanjutnya ke 3 lapisan tersebut akan berkembang menjadi organ (organogenesis) pada minggu ke 4 – ke 8. Echtoderm akan memmbentuk sistem saraf mata,kuli,rambut,kuku, dan hudung, mesoderm akan membentuk tulang otot , jantung, pembulih darah, ginjal, limfa dan kelenjar kelamin. Endoderm akan membentuk organorgan pencernaan dan pernafasan.

Gen dan DNA
            Gen merupakan substansi hereditas yng mempunyai fungsi:
1.                Mengatur perkembangan dan metabol individu
2.                Menyampaikan informasi genetik kepada generasi berikutnya
Gen terdiridari bahan kimia yang memiliki struktur sangat rumit, yang dikenal dengan DNA (Deroxyribnukleic Acid) yang akan memberikan arah pada pembentukan zat kimia yang lain, yaitu protein salah satu dari protein ini adalah protein struktural yang ada dalam darah, otot, jaringantubuh, alat tubuh, dan struktur badan lainnya. Bentuk kedua dari protein ini adalah enzim yang bertugas mengendalikan reaksi kimia, fisika didalam tubuh (pengadaaan dan penyiapan tenaga, peleburan makanan, dan waktu yang diperlukan untuk perkembangan.
Gen dari ciri dan fungsi yang tertentu terletak pada tempat yang tertentu yang dinamakan kloci (locos) pada kromosom tertentu pula. Sewaktu sperma dan ovum bergabung zigot akan menerima satu gen dari masing-masing locus kromosom dari masing-maisng orang tua bila gen-gen yang diterinma oleh zigot pada locos tertentu ternyata ada perintah yang saling berlawanan kemungkinannya adalah salah satunya akan menguasai sepenuhnya atau hanya sebagian atau kedua unsur yang saling barlawanan itu akan mehasilkan suatu hasil tertentu.

DNA adalah material genetik
DNA dan RNA adalah polimer nukleotida
Nukleotida terdiri dari:
1.                Gula beratom karbon lima (ribosom, dan kandungan satu atom oksigen, disebut deoksiribosa untuk DNA)
2.                Gugus Fosfat
3.                Salah satu dari basa-basa netrogen purin adenin atau pirimidin timin atau sitosin (cytosine)
Ketiga komponen nukleutida tersebut adalah monomernya DNA dan untuk RNA monomer nukleutidanya berada diDNA adalah komponen gula dan basa primidin urasil bukan timin.
Fungsi DNA :
1.                Replikasi dan reparansi DNA
2.                Ekspresi Gen
Mekanisme transmisi faktor keturunan
Organisme orang dewasa mempunyai dua macam sel yaitu sel tubuh dan sel kelamin. Ssetiap sel akan mengalami pembelahan. pembelahan pada sel tubuh dan sel kelamin berbeda. Sel kelamin membelah dengan cara miosis sehingga hasil dariproses ini akan diperoleh sel yang intinya hanya mengandung 23 kromosom. Sehingga setiap sel sperma dan telur hanya terisi separuh jumlah orang tua, dapat kita lihat mengapa anak-anak dari orang tua yang sama tidak selalu memiliki sifat-sifat yang sama.
A.    KELAINAN DAN PENYAKIT GENETIK PADA MANUSIA
Kelainan dan penyakit genetik adalah penyimpangan dari sifat umum atau sifat rata-rata manusia, serta merupakan penyakit yang muncul karena tidak berfungsinya faktor-faktor genetik yang mengatur struktur dan fungsi fisiologi tubuh manusia. Berdasarkan sifat alelnya maka kelainan dan penyakit genetik dapat digolongkan sebagai berikut :
1.     Kelainan dan penyakit genetik yang disebabkan faktor alel dominan autosomal
2.     Kelainan dan penyakit genetik yang disebabkan faktor alel resesif autosomal
3.     Kelainan dan penyakit genetik yang disebabkan alel tertaut dengan kromosom seks / kelamin
4.     Kelainan dan penyakit geetik yang disebabkan oleh pengaruh aberasi kromosom
a.     Pewarisan alel dominan autosomal
Individu penderita biasanya memiliki genotipe heterozigot.
                    1)     Akondroplasia
Akondroplasia disebabkan oleh tidak terbentuknya komponen tulang rawan pada kerangka tubuh secara benar. Individu akondroplasia dewasa mempunyai kaki dan lengan yang tidak normal (pendek) dengan tinggi tubuh kurang dari 1,2 meter. Namun intelejensi, ukuran kepala, dan ukuran tubuh normal. Individu penderita akondroplasia mempunyai genotipe KK atau Kk. Sedangkan individu normal bergenotipe homozigot resesif (kk).
                    2)     Brakidaktili
Brakidaktili adalah suatu kelainan yang dicirikan dengan jari tangan atau kaki yang memendek karena memendeknya ruas-ruas tulang jari. Penderita brakidaktili memiliki gen dalam keadaan heterozigot (Bb). Individu yang memiliki gen dalam keadaan homozigot dominan (BB) menyebabkan kematian pada masa embrio, sedangkan dalam keadaan heterozigot hanya mempunyai dua ruas jari , karena ruas jari yang tengah sangat pendek dan tumbuh menyatu dengan ruas jari lain. Individu dengan gen homozigot resesif (bb) merupakan individu normal.
                    3)     Huntington
Huntington merupakan suatu penyakit karena terjadi degenerasi sistem saraf yang cepat dan tidak dapat balik. Penderita menggelengkan kepala pada satu arah. Huntington disebabkan oleh alel dominan (H). Oleh karena itu, dengan satu alel H saja semua individu yang heterozigot akan mendapatkan Huntington. Individu normal mempunyai alel resesif (hh).
                    4)     Polidaktili
Polydactyly ialah terdapatnya jari tambahan pada satu atau kedua tangan / kaki. Tempat jari tambahan itu berbeda - beda , ada yang terdapat dekat ibu jari dan ada pula yang terdapat dari jari kelingking.


b.     Pewarisan alel resesif autosomal
Perlu diingat bahwa setiap gen mengkode protein yang memiliki fungsi khusus. Alel yang menyebabkan kelainan genetik, mengkode protein yang tidak berfungsi atau tidak mengkode protein sama sekali. Pada kelainan yang bersifat resesif, heterozigot dikatakan normal dalam fenotipnya karena salah satu pasangan gen yang “normal”, dapat menghasilkan jumlah protein khusus yang cukup banyak. Dengan demikian, suatu penyakit yang diwarisi secara resesif, hanya muncul pada individu yang homozigot atau yang memiliki alel homozigot resesif. Kita dapat melambangkan genotipe penderita sebagai aa dan individu yang tidak memiliki kelainan dengan AA dan Aa.
Namun heterozigot ( Aa ) yang secara fenotipe normal disebut karier secara genotipe, karena orang-orang seperti ini dapat saja menurunkan salah satu gen resesifnya kepada keturunan mereka. Sebagian orang yang memiliki kelainan resesif lahir dari orang tua yang bergenotipe karier (Aa x Aa) ataupun dihasilkan dari perkawinan (Aa x aa) serta (aa x aa)
1)     Anemia sel sabit
Penyakit anemia sel sabit disebabkan oleh substitusi suatu asam amino tunggal dalam protein hemoglobin berisi sel sel darah merah. Ketika kandungan oksigen darah individu yang diserang, dalam keadaan rendah (misalnya pada saat berada ditempat yang tinggi atau pada waktu mengalami ketegangan fisik), hemoglobin sel sabit akan mengubah bentuk sel-sel darah merah menjadi bentuk sabit. Individu yang menderita anemia sel sabit disimbolkan dengan ss. Sedangkan individu normal memiliki genotipe SS dan karier anemia sel sabit disimbolkan dengan Ss.
2)     Fibrosis sistik
Fibrosis sistik disebabkan oleh tidak adanya protein yang membantu transpor ion klorida melalui membran plasma. Oleh karenanya dihasilkan banyak lendir yang mempengaruhi pankreas, saluran pernapasan, kelenjar keringat, dll. Fibrosis sistik disebabkan oleh alel homozigot resesif (cc). Individu heterozigot (Cc) tidak menderita gejala penyakit ini, namun merupakan karier.Sedangkan individu normal bergenotipe (CC).
3)     Galaktosemia
Galaktosemia disebabkan tidak dapat menggunakan galaktosa (laktosa dari ASI ibu) karena tidak dihasilkan enzim pemecah laktosa. Pada keadaan normal seharusnya laktosa dirombak menjadi glukosa dan galaktosa, kemudian menjadi glukosa-1-fosfat yang kemudian dirombak melalui proses glikolisis atau diubah menjadi glikogen). Tingkat galaktosa yang tinggi pada darah dapat menyebabkan kerusakan mata, hati dan otak. Gejala galaktosemia adalah malnutrisi, diare dan muntah-muntah. Gejala ini dapat dideteksi dengan pemeriksaan sampel urin. Gejala galaktosemia dapat dihindari dengan diet bebas laktosa. Alel homozigot resesif yang menyebabkan galaktosemia (gg). Individu yang normal mempunyai alel (GG), sedangkan individu karier dengan alel (Gg).
4)     Albino
Kata albino berasal dari albus yang berarti putih. Kelainan terjadi karena tubuh tidak mampu membentuk enzim yang diperlukan untuk merubah asam amino tirosin menjadi beta-3, 4-dihidroksipheylalanin untuk selanjutnya diubah menjadi pigmen melanin. Pembentukan enzim yang mengubah tirosin menjadi melanin, ditentukan oleh gen dominan A, sehingga orang normal mempunyai genotipe AA atau Aa, dan albino aa
5)     Phenylketonuria
Phenylketonuria merupakan suatu penyakit keturunan yang disebabkan oleh ketidakberesan metabolisme,dimana penderita tidak mampu melakukan metabolisme fenilalanin dengan normal. Asam amino ini merupakan bahan untuk mensintesis protein, tirosin dan melanin.Sebagian fenilalanin diubah menjadi fenil piruvat. Gejala penyakit ditandai dengan bertimbunnya asam amino dalam darah yang banyak terbuang melalui urin, mental terbelakang (IQ 30), rambut putih, mata kebiruan (produksi melanin kurang baik), bentuk tubuh khas seperti orang psychotic, gerakan menyentak-nyentak dan bau tubuh apak.
Bayi yang menderita phenylketonuria mengandung kadar fenilalanin yang tinggi di dalam darah dan jaringan, karena tidak memiliki enzim phenylalanin hidroxylase, yang mengubah fenilalanin menjadi tirosin. Asam phenylpiruvatpun meningkat, diekskresi melalui urin dan keringat, sehingga tubuh berbau apak. Kadar fenilalanin yang tinggi dapat merusak otak bayi, dan mundurnya kejiwaan setelah berumur 6 tahun. Penderita mempunyai genotip phph (homozigot resesif). Orang normal mempunyai genotip PhPh (homozigot dominan) dan Phph (heterozigot).
6)     Thalassemia
Istilahnya berasal dari kata thalasa = laut dan anemia. Thalassemia merupakan kelainan genetik yang ditandai dengan berkurangnya atau tidak sama sekali sintesa rantai hemoglobin, sehingga hanya mempunyai kemampuan sedikit untuk mengikat oksigen. Pada thalassemia dimana eritrosit mempunyai gambaran : microcytic (kecil), leptocytic (lonjong) dan polycythemic (banyak), bercampur baur membentuk apa yang disebut “target cell”.
Thalassemia dibedakan atas dua macam, yaitu :
ü  Thalassemia mayor, sangat parah, sering menyebabkan kematian waktu bayi.
ü  Thalassemia minor, tidak parah, mempunyai gejala pembengkakan limpa sedikit.
c.      Kelainan dan penyakit karena alel resesif tertaut kromosom sex “x”
                    1)     Hemofilia
Hemofilia merupakan gangguan koagulasi herediter yang paling sering dijumpai. Hemofilia disebabkan oleh mutasi gen faktor VIII atau faktor IX sehingga dapat dikelompokkan menjadi hemofilia A dan hemofilia B. Kedua gen tersebut terletak pada kromosom X, sehingga termasuk penyakit resesif terkait X, yang disebabkan karena tidak adanya protein tertentu yang diperlukan untuk penggumpalan darah, atau kalaupun ada kadarnya rendah sekali. Umumnya luka pada orang normal akan menutup (darah akan membeku) dalam waktu 5-7 menit. Tetapi pada penderita hemofilia, darah akan membeku 50 menit sampai 2 jam, sehingga mudah menyebabkan kematian karena kehilangan terlalu banyak darah.
Perempuan yang homozigot resesif untuk gen ini merupakan penderita (XhXh), sedangkan perempuan yang heterozigot (XhXH) pembekuan darahnya normal namun ia hanya berperan sebagai pembawa/carier. Seorang laki-laki penderita hanya mempunyai satu genotip yaitu (XhY).
Hemofilia dibedakan atas 3 macam :
a)     Hemofilia A, karena penderita tidak memiliki zat anti hemofili globulin (faktor VIII). Tipe ini terdapat ± 80 % dari penderita hemofilia. Seorang yang normal mampu membentuk anti hemofili globulin (AHG) dalam serum darahnya karena mempunyai gen dominan H, sedangkan alel yang resesif tidak dapat membentuk zat tersebut. Karena gennya terangkai X Perempuan yang homozigot resesif untuk gen ini merupakan penderita (XhXh), sedangkan perempuan yang heterozigot (XhXH) pembekuan darahnya normal namun ia hanya berperan sebagai pembawa / carier dan laki-laki penderita hanya mempunyai satu genotip yaitu (XhY).
b)     Hemofilia B (Cristmast), karena penderita tidak memiliki komponen plasma tromboplastin (KTP atau faktor IX). Diberi nama Christmas karena mengacu pada nama seorang anak laki-laki yang terluka pada waktu Inggris dibom oleh Jerman selama Perang Dunia ke II. Terdapat ± 20 % dari penderita hemofili.
c)     Hemofili C, karena penderita tidak mampu membentuk zat plasma tromboplastin anteseden (PTA).Penyakit ini tidak disebabkan oleh gen resesif yang terangkai-X, melainkan oleh gen resesif yang jarang dijumpai pada autosom. Hanya terjadi sedikit dari penderita. Tidak lebih dari 1 %
Secara keseluruhan hemofili terjadi karena tidak terbentuknya tromboplastin. Dimana tromboplastin ini pada tubuh yang normal berguna sebagai zat aktivasi protrombin saat luka, sehingga protrombin dapat diubah menjadi trombin.
Hemofilia diklasifikasikan sebagai :
v Berat, dengan kadar aktivitas faktor yang tersedia kurang dari 1%
v Sedang, dengan kadar aktivitas faktor yang ada antara 1% - 5%
v Kecil, dengan kadar aktivitas faktor yang tersedia kurang dari 5 %
                    2)     Buta Warna
Penderita tidak dapat membedakan warna hijau dan merah, atau semua warna. Individu yang buta terhadap warna hijau (tipe deutan) dan merah (tipe protan) dikarenakan individu tersebut tidak mempunyai reseptor yang dapat mendeteksi cahaya pada panjang gelombang hijau atau merah. Buta warna merupakan penyakit yang disebabkan oleh gen resesif c (color blind) yang terdapat pada kromosom X.
Perempuan normal mempunyai genotip homozigotik dominan CC dan heterozigotik Cc, sedangkan yang buta warna adalah homozigotik resesif cc. Laki-laki hanya mempunyai sebuah kromosom-X, sehingga hanya dapat normal XY atau buta warna XcY.
                    3)     Distrofi Otot
Kelainan tersebut ditandai dengan makin melemahnya otot-otot dan hilangnya koordinasi. Kelainan ini terjadi karena tidak adanya satu protein otot penting yang disebut distrofin, yang terletak pada lokus yang spesifik pada kromosom X.
                    4)     Sindrom Fragile X
Nama sindrom fragile diambil dari penampakan fisik kromosom X yang tidak normal. Bagian kromosom X yang mengalami konstriksi (pelekukan) di bagian ujung lengan kromosom yang panjang. Dari semua bentuk keterbelakangan mental yang disebabkan oleh faktor genetik, bentuk yang paling umum adalah fragile.
                    5)     Sindrom Lesch-Nyhan
Penyakit ini timbul karena adanya pembentukan purin yang berlebihan. Sebagai hasil metabolisme purin yang abnormal ini, penderita memperlihatkan kelakuan yang abnormal, yakni kejang otak yang tidak disadari serta menggeliatkan anggota kaki dan jari-kari tangan. Selain dari itu penderita juga tuna mental, menggigit serta merusak jari-jari tangan dan jaringan bibir. Semua penderita adalah laki-laki dibawah umur 10 tahun, dan belum pernah ditemukan pada perempuan. Penyakit yang jarang dijumpai ini disebabkan oleh gen resesif dalam kromosom-X.
d.     Kelainan genetik karena tertaut kromosom “y”
Gen tertaut krosom Y merupakan gen tertaut kelamin sempurna, artinya kelainannya hanya terjadi pada laki-laki.
                    1)     Hypertrichosis
Hypertrichosis, tumbuh rambut pada bagian bagian tertentu ditepi dan telinga. Pada laki laki normal, akan memiliki gen dominan H. Gen resesif h menyebabkan hypertrichosis.
                    2)     Weebed Toes
Disebabkan oleh gen resesif wt sehingga tumbuh kulit diantara tangan atau kaki mirip dengan kaki katak atau burung air. Alel dominan Wt menentukan keadaan normal.
                    3)     Hystrixgravier
Gen resesif hg menyebabkan pertumbuhan rambut panjang dan kaku dipermukaan tubuh, sehingga terlihat menyerupai hewan landak yang tubuhnya berduri. Alel dominan Hg menentukan pertumbuhan rambut normal.
e.     Kelainan genetik karena aberasi kromosom
                    1)     Sindrom Jacobs (47, XYY atau 44A + XYY)
Penderita mempunyai 44 Autosom dan 3 kromosom kelamin (XYY). Kelainan ini ditemukan oleh P.A. Jacobs pada tahun 1965 dengan ciri-ciri pria bertubuh normal, berperawakan tinggi, bersifat antisosial, perilaku kasar dan agresif, wajah menakutkan, memperlihatkan watak kriminal, IQ di bawah normal.
                    2)     Sindrom Down (47,XY + 21 dan 47,XX + 21 )
Penderita mengalami kelebihan satu autosom pada kromosom nomor 21 dan dapat terjadi pada laki-laki dan perempuan. Kelainan ini ditemukan J. Langdon Down pada tahun 1866 dengan ciri-ciri tinggi badan sekitar 120 cm, kepala lebar dan pendek, bibir tebal, lidah besar dan menjulur, liur selalu menetes, jari pendek dan gemuk terutama kelingking, telapak tangan tebal, mata sempit miring kesamping, gigi kecil-kecil dan jarang, IQ rendah, umumnya steril.
                    3)     Sindrom Klinefelter (47, XXY atau 44A + XXY)
Penderita mempunyai 44 Autosom dan 3 kromosom kelamin (XXY). Kelainan ini ditemukan oleh H.F. Klinefelter tahun 1942. Penderita berjenis kelamin laki-laki tetapi cenderung bersifat kewanitaan, testis mengecil dan mandul, payudara membesar, dada sempit, pinggul lebar, rambut badan tidak tumbuh, tubuhnya cenderung tinggi (lengan dan kakinya panjang), mental terbelakang.
                    4)     Sindrom Turner (45,XO atau 44A + X)
Penderita mempunyai 44 Autosom dan hanya 1 kromosom kelamin yaitu X. Kelainan ini ditemukan oleh H.H. Turner tahun 1938. Penderita Sindrom Turner berkelamin wanita, namun tidak memiliki ovarium, alat kelamin bagian dalam terlambat perkembangannya (infatil) dan tidak sempurna, steril, kedua puting susu berjarak melebar, payudara tidak berkembang, badan cenderung pendek (kurang lebih 120 cm), dada lebar , leher pendek, mempunyai gelambir pada leher, dan mengalami keterbelakangan mental.
                    5)     Sindrom Edward (47,XY + 18 dan 47, XX + 18)
Penderita mengalami trisomi atau kelebihan satu Autosom nomor 18. Ciri-ciri penderita adalah memiliki kelainan pada alat tubuh telinga dan rahang bawah kedudukannya rendah, mulut kecil, mental terbelakang, tulang dada pendek, umumnya hanya mencapai umur 6 bulan saja.
                    6)     Sindrom Patau (47,XY + 13 dan 47, XX + 13)
Penderita mempunyai 45 Autosom, sehingga disebut trisomi. Trisomi dapat terjadi pada kromosom nomor 13, 14 atau 15. Ciri-ciri penderita kepala kecil, mata kecil, sumbing celah langit langit, tuli, polidaktili, mempunyai kelainan otak, jantung, ginjal dan usus serta pertumbuhan mentalnya terbelakang. Biasanya penderita meninggal pada usia kurang dari 1 tahun.
                    7)     Sindrom Cri du chat
Anak yang dilahirkan dengan delesi pada kromosom nomor 5 ini mempunyai mental terbelakang, memiliki kepala yang kecil dengan penampakan wajah yang tidak biasa, dan memiliki tangisan yang suaranya seperti suara kucing. Penderita biasanya meninggal ketika masih bayi atau anak-anak.

BAB IV PENUTUP
4.1  Simpulan
Genetika adalah ilmu tentang keturunan yang mempelajari berbagai problematika manusia seperti kesehatannya, cacat lahirnya jasmani maupun mental, wanita (ovum) dan menghasilkan suatu bentuk yng telah terbuahi (zigot pewarisan ciri-ciri dan kelainan bawaan, bahkan sampai merekayasanya. Kehidupan manusia berasal dari pertemuan sel sperma laki-laki dan sel telur).

DAFTAR PUSTAKA

1 Response to " Makalah Konsep Genetika"